Ads Top

Raup Rp 179 Triliun, PS4 Jadi Satu-satunya "Harapan" Bisnis Sony?



Tugas yang diemban Sony sebagai salah satu raksasa teknologi di dunia memang berat. Buktinya, perusahaan asal Negeri Sakura tersebut sempat "jatuh bangun" di beberapa lini bisnisnya.

Sebut saja Walkman yang sempat hilang pamor, menyusul kematian perangkat laptop Vaio, hingga nasib smartphone Xperia yang entah mau dibawa ke mana. Yang pasti, beberapa tahun terakhir, bisnis perangkat keras Sony memang dirundung kesulitan.

Namun tenang dulu. Setidaknya, Sony masih punya bisnis yang mereka juluki sebagai 
rising star. Ya, mereka kini bertumpu di bisnis perangkat konsol gim andalannya, yaitu PlayStation 4

Seperti dikutip dari laman Business Insider, Selasa (18/10/2016), tak hanya mengambil untung dari penjualan PS4, penjualan digital dari PlayStation Store juga diklaim mendulang untung triliunan rupiah.

Data dari perusahaan Statista di bawah ini mengungkap bahwa PS4 menjadi satu-satunya harapan Sony untuk saat ini. Pada periode fiskal yang berakhir di 31 Maret 2016, divisi gaming Sony juga mampu mencetak pemasukan fantastis sebesar US$ 13,7 miliar (setara dengan Rp 179 triliun) dengan margin yang "sehat"

Setelahnya, divisi Home Entertainment & Sound menduduki peringkat kedua dengan pemasukan US$ 10,2 miliar (setara dengan Rp 133 triliun), serta bisnis Mobile Communications di angka US$ 9,9 miliar (setara dengan Rp 130 triliun).

Lantas, dengan pemasukan yang sangat tinggi, apa memang Sony hanya berharap pada PS4 dan divisi gaming-nya? Sayang, pihaknya tidak dapat angkat bicara soal tersebut.

Seolah ingin memaksimalkan penjualan divising gaming, Sony pun merilis aksesori tambahan PS4 yang mendukung tampilan VR (Virtual Reality), yaitu PlayStation VR.

Dengan bundling harga Rp 6,9 jutaan, PSVR hadir dengan paket PlayStation Camera dan PlayStation Move. Sony juga menyertakan beberapa judul mini gim VR Worlds yang dapat dimainkan langsung.

Sejak Sony mengumumkan harga PlayStation VR tersebut, jumlah pembelian untuk PlayStation Camera mengalami peningkatan luar biasa. 

Terhitung, di situs belanja online Amazon saja, kedua perangkat ini sudah naik penjualannya hingga sampai 3000 persen. Penjualan PlayStation Move pun mengalami peningkatan hingga 1000 persen.

Wajar jika penjualan kedua perangkat tersebut meningkat, mengingat kedua aksesoris tersebut dibutuhkan untuk menggunakan PlayStation VR secara maksimal.
.

No comments:

© SpicyTech97 2016. Powered by Blogger.